Peraturan Pajak Reklame di Jakarta Bagaimana?

Leave a reply »

Pajak merupakan sumber pendapatan negara yang dipungut oleh pemerintah kepada badan hukum, instansi, perusahaan swasta, dan beberapa usaha lainnya yang diwajibkan memberikan kontribusi berupa uang kepada pemerintah. Salah satu pajak yang biasa dipungut pemerintah adalah pajak reklame. pajak reklame di jakarta, peraturan pajak reklame, tarif pajak reklame, pengurusan-pajak-reklame-di-jakarta-Pajak reklame di Jakarta dipungut oleh pemerintah karena banyaknya reklame yang dipasang. Kita mungkin sering melihat berbagai macam reklame yang ada di jalan-jalan atau tempat umum. Reklame merupakan bentuk dari pengumunan atau iklan yang di tulis pada papan atau kotak balok atau juga dipasang pada kain yang bertuliskan ajakan atau himbauan kepada orang yang ditempatkan pada tempat tertentu agar mudah dibaca dan dilihat orang.

Pajak reklame di Jakarta sebenarnya adalah peraturan pemerintah untuk mengatur bagaimana penempatan reklame agar teratur dan tidak seenaknya. Bagi pemerintah Jakarta pemberlakukan pajak ini sangat penting mengingat banyaknya perusahaan dan badan usaha yang mempromosikan usaha dengan media reklame ini. Reklame yang biasa di pasang pada jalan-jalan umum ataupun ditempat umum biasanya menggambarkan symbol, moto, ataupun cirri khas dari suatu produk perusahaan sehingga orang akan mudah mengingat dan mengenalnya. Namun bukan berarti Pajak reklame di Jakarta diberlakukan bagi setiap reklame. Seperti pada reklame yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan himbauan pada masyarakat, reklame dari panti sosial, reklame politik dan juga reklame dari Negara asing yang berkaitan dengan politik, semua reklame tersebut tidak dikenakan pajak.

Banyaknya reklame yang ada di Jakarta sebenarnya tidak semua menguntungkan pemerintah. Pajak reklame di Jakarta sendiri kadang pemungutannya juga mengalami kendala oleh pihak ketiga. Banyaknya pemasangan reklame di jalan maupun tempat umum menimbulkan kesemrawutan dan keadaan lingkungan yang tidak sedap dipandang. Pemerintah menentukan besarnya pajak reklame untuk setiap reklame yang dipasang besarnya berbeda-beda. Hal ini karena pada masing-masing papan reklame memiliki ukuran yang berbeda. Besarnya pajak reklame ditetukan oleh panjang dan lebar papan tersebut, bahan pembuatan papan reklame, dan juga ketinggian dari papan reklame yang dipasang. Banyak pebisnis yang berusaha mengurus sendiri pajak reklame yang di pungut pemerintah Jakarta untuk menghemat biaya.

pajak reklame di jakarta, peraturan pajak reklame, tarif pajak reklamePemerintah memang menentukan tarif pajak reklame berbeda-beda untuk setiap daerah terutama di Jakarta. Semakin strategis suatu tempat untuk memasang reklame maka pajak reklame di Jakarta yang dipungut juga semakin besar. Lokasi di Jakarta cenderung ramai dan padat penduduk di setiap tempat sehingga bisa dikatakan Jakarta merupakan tempat yang cocok untuk pemasangan semua jenis reklame. Pemungutan pajak reklame biasanya sekitar 25 % yang dilakukan pemerintah setempat. Dari pemugutan pajak tersebut akan menambah pemasukan kas negara. Bagi pebisnis walaupun tarif pajak reklame yang dibebankan sebesar25% namun keuntungan yang mereka dapatkan lebih dari itu. Bisa dikatakan bahwa setiap pengusaha melakukan promosi melalui reklame.

Di Jakarta sendiri pajak reklame menjadi sumber pemasukan yang cukup lumayan karena banyaknya pebisnis melakukan promosi terhadap usaha mereka. Namun dari semua ini sering menimbulkan permasalahan di Jakarta. Pajak reklame di Jakarta memang memberikan keuntungan bagi pemerintah namun dibalik semua itu kondisi lingkungan menjadi tidak beraturan karena pemasangan reklame seperti spanduk, baliho, neon box, dan jenis reklame lainnya kadang dipasang seenaknya saja oleh pemasang. Karena permasalahan tersebut pemerintah Jakarta memberlakukan peraturan tentang pemasangan reklame agar lingkungan tertib dan sedap dipandang. Walaupun banyak pemasang reklame di Jakarta namun pemerintah setempat tetap memantau penggunaan reklame tersebut agar tidak dimanfaatkan untuk kepeningan yang merugikan orang lain maupun pemerintah.

—————————————————————————————————

Selain produksi berbagai jenis dan ukuran reklame, kami juga melayani jasa pengurusan pajak reklame di Jakarta dan sekitarnya. Kami telah berpengalaman menangani berbagai pajak reklame sejak tahun 2000. Silahkan hubungi kami untuk mendapat info lebih detail tentang Peraturan Pajak Reklame di Jakarta.

—————————————————————————————————

Incoming search terms:

Related posts:

  1. Papan Reklame untuk Pengembangan Bisnis
  2. Reklame Billboard dari Sticker Printing di Indramayu
  3. Reklame Papan Nama Toko di Jakarta & Sekitarnya
  4. Reklame Billboard Sticker 3 M di Banten
  5. Papan Reklame Billboard Kijang Innova di Jakarta
  6. Jasa Reklame Neon Box Murah di Jakarta
  7. Contoh Reklame Sosial Non Komersial: BKKBN
Advertisement

Leave Comment for :
Pajak Reklame di Jakarta

Leave a Reply